Jumat, 21 Agustus 2015

KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) Setiap Hari Televisi Indonesia Wajib Menyiarkan Lagu Kebangsaan

KPI (Komisi Penyiaran Indonesia)


Akhir-akhir ini memang salah satu dari sekian banyak dunia pertelevisian Indonesia tidak menyiarkan lagu kebangsaan dan lagu nasional untuk itu mulai hari ini 21/08/15 seluruh televisi yang masuk dalam  15 TV Nasional harus menyiarkannya. ini terlihat pada situs resmi KPI.

KPI telah mengirimkan surat edaran kepada 15 (lima belas) stasiun televisi, yaitu: 

  1. TVRI, 
  2. RCTI, 
  3. MNC TV, 
  4. Global TV, 
  5. SCTV, 
  6. Indosiar, 
  7. Trans TV, 
  8. Trans 7, 
  9. Metro TV, 
  10. ANTV, 
  11. TV One, 
  12. Kompas TV, 
  13. RTV, 
  14. NET TV, 
  15. dan I News TV,


KPI Pusat mengingatkan kembali kepada seluruh lembaga penyiaran agar melaksanakan kewajiban yang terdapat pada Pasal 38 P3 KPI Tahun 2012 dan Pasal 54 Ayat (2) dan (3) SPS KPI Tahun 2012, dengan ketentuan sebagai berikut: 

1. Bagi lembaga penyiaran yang tidak bersiaran selama 24 (dua puluh empat) jam penuh, lagu kebangsaan Indonesia Raya disiarkan pada waktu awal pembukaan siaran setiap harinya dan lagu wajib nasional disiarkan pada waktu akhir siaran setiap harinya; 

2. Bagi lembaga penyiaran yang bersiaran selama 24 (dua puluh empat) jam penuh, maka lagu kebangsaan Indonesia Raya disiarkan pada pukul 06.00 waktu setempat setiap harinya dan lagu wajib nasional disiarkan pada pukul 24.00 waktu setempat setiap harinya. 

Lembaga penyiaran wajib menjalankan fungsinya sebagai perekat sosial serta sarana pemersatu bangsa dan memperkukuh integrasi nasional. Terhitung sejak surat edaran ini dikeluarkan, KPI Pusat akan melakukan pemantauan intensif terhadap seluruh lembaga penyiaran terkait kewajiban menyiarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu wajib nasional. 
Apabila lembaga penyiaran tidak melaksanakan kewajiban tersebut, dapat dikenakan Sanksi Administratif berupa Teguran Tertulis sesuai ketentuan Pasal 79 Ayat (1) jo. Pasal 54 Ayat (2) dan (3) SPS KPI Tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar