Kamis, 20 Agustus 2015

GOOGLE : Data Gmail, Drive & YouTube Aman Pasca Tersambar Petir

GOOGLE : Data Gmail, Drive & YouTube Aman Pasca Tersambar Petir

Paska mengalami insiden kehilangan data akibat pusat datanya tersambar petir, Google mengatakan data-data dari aplikasi layanan konsumen yang mereka miliki seperti Gmail, YouTube, Google Drive, tidak mengalami masalah.

Dalam pertanyataan resminya Google menyatakan, akan bersikap sangat serius menangani hal ini. “Persoalan penyimpanan dan daya tahan adalah prioritas utama kami. Akibat inisiden yang luar biasa ini, kami memohon maaf kepada semua pelanggan yang terkenak dampak atas hal ini,” tulis Google seperti dikutip dari Ibtimes, Kamis (20/8/2015).

Dinyatakan Google, mereka tengah menganalisa hal ini secara mendalam serta dalam proses memulihkan semua dampak yang terjadi, dengan memaksimalkan keandalan mesin Google Compute Engine diseluruh lapisan penyimpanan.

“Tetapi kami meyakinkan tidak ada data terkait layanan konsumen yang terganggu akibat insiden ini, seperti aplikasi Gmail, YouTube, dan Google Drive,” lanjut Google.

Seperti diketahui, melalui informasi sebelumnya diketahui raksasa digital Google menyatakan sebagian data mereka terhapus dari tempat penyimpanan di pusat data mereka di Belgia pasca sambaran petir sebanyak empat kali.

Sambaran itu menyebabkan hilangnya data secara permanen di tempat penyimpanan Google Compute Engine (GCE).

Beberapa keping penyimpanan berhasil diperbaiki, tetapi sebagian perangkat keras yang lebih rentan terhadap padamnya listrik mengalami kehilangan data yang tak bisa dipulihkan.

Dalam pertanyaannya, Google mengatakan hanya 0,000001 persen dari kepingan penyimpanan data mereka yang terpengaruh.

Sumber : OkeZone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar