Kamis, 20 Agustus 2015

Ilmuan ini disegani dunia karena terobsesi BJ Habibie

Ilmuan ini disegani dunia karena terobsesi BJ Habibie
Ilmuan ini disegani dunia karena terobsesi BJ Habibie

Sosok mantan presiden RI BJ. Habibie menjadikan Warsito P. Taruno terobsesi seperti Dia. Memiliki paten yang diakui dunia dan disegani banyak orang. Menjadi seperti Habibie, kata Warsito, bukanlah hal yang mudah. Butuh keseriusan dan niat untuk menjadi orang pintar.

"Saya itu terobsesi sama dua orang hebat di dunia. Pak Habibie dan Einstein," ujarnya di kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta, Kamis (20/8).

Keingintahuannya itu untuk menjadi seperti tokoh idolanya, membawanya bekerja keras demi meraih apa yang diharapkannya. Dari hasil kerja kerasnya belajar, akhirnya membawanya mendapatkan beasiswa melanjutkan studi di Jepang dengan konsentrasi fisika dan kimia.

Saat belajar di sana, niatnya untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang semakin kuat. Beragam riset teknologi yang sesuai bidangnya Dia lakukan. Singkat cerita, ia berhasil mengembangkan Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT).

ECVT ini merupakan sebuah sistem pemindai berbasis medan listrik statis yang telah diaplikasikan secara luas di dunia industri dan medis. Teknologi yang Dia temukan dan kembangkan bukanlah di luar negeri, melainkan di Indonesia.
Ilmuan ini disegani dunia karena terobsesi BJ Habibie

"Teknologi ini bisa untuk menahan menyebarnya sel kanker. Dari total 78 persen terkena kanker, hampir 90 persen kanker bisa ditahan. Targetnya kanker bisa ditahan saja itu sudah luar biasa," kataWarsito P. Taruno.

Dari inovasi teknologi yang ia ciptakan dan kembangkan itu, membuat dirinya diganjar dengan penghargaan BJ Habibe Technology Award BPPT 2015. Teknologinya itu, juga telah digunakan negara-negara maju seperti Jerman dan Jepang.

Sumber : Merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar